Hijrah Sakinah - Hanny Dewanti: Buku Panduan Berumah Tangga


Berumah tangga tidaklah seindah dongeng, semua orang jelas tahu. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mempersiapkan diri dan belajar untuk membangun rumah tangga.

Lewat Hijrah Sakinah, penulis berusaha menyampaikan 55 cara mengatasi masalah utama yang timbul dalam pernikahan. Buku ini sendiri punya layout isi yang dinamis dan menarik. Lengkap dengan warnanya yang pink unyu dan gaya menulis yang lugas, membaca Hijrah Sakinah ini terasa sangat menyenangkan. Penulis seperti bercerita di depan pembaca.

Isinya sendiri berusaha menggali masalah yang biasanya akan timbul sejak dua orang memutuskan untuk mengikat janji pernikahan. Penulis berusaha menjabarkan pengalaman pengantin lainnya secara berurutan dengan balutan tulisan yang tidak bertele-tele. Selain itu, penulis juga senantiasa mengajak pembaca untuk berhenti sejenak, menarik napas, dan baru mencoba memberikan solusi.

Solusi yang ditawarkan penulis lekat sekali dengan ajaran Islam. Saya sendiri sempat khawatir bahwa buku ini akan terasa begitu menggurui, tapi ternyata tidak juga. Penulis berhasil menyajikan solusi dalam tulisan yang asik. Lebih lagi, banyak bagian yang ditulis dengan menyentil dan berusaha membuat pembaca introspeksi diri. Cakep!
Yang lucu dari istri itu, kalau disuruh ngomong sama suami katanya nggak enak hati. Nah, kalau curhat sama teman atau tetangga lancar banget ngomongin suaminya, (halaman 30)
Lalu, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, gaya menulis Hanny Dewanti ini asik. Setiap poin dijabarkan dengan tulisan yang lugas dan personal. Mirip kayak lagi ngobrol sama sahabat gitu. Terus, penulis punya sense menamakan subjudul yang menarik! "Rezeku Tidak Turun dari Langit atau Kantong Orang Tua", "Orang Tua atau Penitipan Anak?", "Tetangga Bermulut Liar", dan lainnya. Subjudul ini membuat pembaca penasaran dengan penjabaran yang ditulis pastinya.

Oya, meski tulisan dalam buku ini cenderung dituliskan untuk istri, buku ini tidak lantas menjadi hanya cocok dibaca oleh perempuan. Bagi istri (atau calon istri), buku ini bisa menjadi buku panduan untuk menjalani kehidupan berumah tangga dengan berbagai persiapan. Nah, bagi suami (dan calon suami), akan bisa lebih memahami situasi, kondisi, dan perasaan istri sehingga kehidupan berumah tangga bisa terjalin dengan baik.

Secara keseluruhan, buku ini merupakan buku panduan pernikahan yang apik! Meski ada banyak hal yang berusaha dijabarkan, semuanya disajikan dengan memuaskan. Salut banget sama penulis yang berhasil menuliskan dengan baik. Buku ini cocok banget dibaca oleh seseiapapun yang bersiap menghadapi pernikahan ataupun sesiapapun yang tengah berada di badai rumah tangga.

Informasi Buku
Judul: Hijrah Sakinah
Penulis: Hanny Dewanti
Penerbit: Ikon
Tebal: 240 halaman

Share:

1 comments

  1. Huhu bukunya Bagus nih, jadi pen cepet cepet nikah, tapi belom ada yang ngetuk pintu rumah :')))
    Ohiya kak btw uname ig ku @eyls__y1

    ReplyDelete