Catatan Hati Seorang Mahasiswa - Alief Aurum [Review + GIVEAWAY}


Aurum dan teman-temannya akan pindah dari asrama kampus ke kontrakan Pak Aling. Kontrakan tersebut sangat nyaman dan punya harga yang cocok dengan mereka. Namun ternyata gerombolan geng Alfi, musuh bebuyutan mereka di asrama, juga mengincar kontrakan itu!

Akhirnya untuk menentukan siapa yang mendapat kontrakan, kedua belah pihak beradu memasang DP paling tinggi di depan Pak Aling. DP semakin merkote dan Tuwalaid alias Bagas, teman Aurum, sekonyongnya menyebut angka, "Dua puluh juta!"

Dari mana Aurum dkk bisa mendapat uang langsung membayar lunas kontrakan dalam waktu satu bulan!?

Review

Pada awalnya, saya pikir novel ini akan menjadi novel komedi tentang kisah keseharian mahasiswa gitu. Judulnya saja sudah semacam semi ngenes gitu kan ya. Ternyata tidak. Memang novel ini masih mengandung unsur komendi (yang entah kenapa kalo buat saya komedinya sih nggak sesuai selera saya jadi terkesan garing, tapi nggak tahu kalau yang lain kan selera komedi orang beda-beda ya), tetapi ada banyak hal lain yang juga diangkat dalam Catatan Hati Seorang Mahasiswa.

Kisahnya tentu saja masih berputar di antara Aurum cs yang tengah kebingungan mencari dana dua puluh juta. Ada kisah tentang perjuangan Aurum cs berjualan dan berbisnis untuk mendapatkan dana dalam waktu dekat, ada juga kisah khas mahasiswa: urusan kuliah, organisasi mahasiswa, perkumpulan mahasiswa daerah, sampai soal demo mahasiswa.

Ada banyak hal yang coba dibawa oleh penulis dalam buku setebal 320 halaman ini, Yang paling utama sih soal keberhasilan dimulai dari usaha dan kerja keras.
"Semua orang yang herhassil tuh, meski kerja keras dan bertahap, Do, Yat. Kagak bisa kalian baru mulai usaha, terus ujug-ujug jadi berhasil." (h. 38)
Lewat perjuangan Aurum cs ini pembaca diajak mengikuti lika-liku perjuangan mereka berbisnis. Lengkap dengan kisah persahabatan antara mereka dan kisah keluarga. Cakep!

Sayangnya, ada terlalu banyak tokoh di buku ini. Ada Aurun, Tuwaluid, Dayat, Aldo, dan seterusnya dan seterusnya. Belum lagi karakter lain dari organisasi mahasiswa, pengurus asrama, rekan bisnis, kakak tingkat, de el el yang super banyak. Jujur, saya nggak sanggup mengingat Dayat ini yang mana, Fajar yang mana, dan semuanya.

Pada awalnya pun saya pikir Aurum adalah tokoh utama, tapi terus rasanya Aldo muncul lebih banyak. Aldo ikut ini, Aldo melakukan itu, Aldo lagi lalalayeyeye. Karakter yang paling berkesan pun bagi saya adalah Aldo di antara Aurum cs. Aldo punya kesan karakter kuat dan kisah yang bisa membuat pembaca simpati, juga keunikan yang membuatnya terlihat di lautan karakter yang banyak.

Lalu, gaya penulisan Catatan Hati Seorang Mahasiswa ini pun berbeda dengan kebanyakan. Buku ini ditulis dengan unsur-unsur ala film. Jadi awal kisah dimulai dengan deskripsi layar. Seolah pembaca sedang menonton film dalam format tulisan. Pengenalan karakternya juga begitu (dan ini salah satu alasan saya sulit menghapal mereka semua). Gaya penceritaan ini sebenarnya unik, sayangnya saya justru merasa pusing.

Secara keseluruhan, novel ini sebenarnya lumayan untuk bacaan selingan. Namun tetap butuh dibaca ketika fokus karena ada karakter yang begitu banyak. Yang jelas cocok dibaca mahasiswa, apalagi mahasiswa IPB (berhubung latarnya di sana), karena bagi saya cukup mengambarkan dinamika kehidupan mahasiswa.

Selamat membaca!

Informasi Buku
Judul: Catatan Hati Seorang Mahasiswa
Penulis: Alief Aurum
Penerbit: Laksana
Tebal: 320 halaman




GIVEAWAY

Nah, sekarang saatnya untuk giveaway!

Bakal ada SATU pemenang yang bisa mendapatkan novel Catatan Hati Seorang Mahasiswa gratis! Syaratnya mudah banget, kamu cukup memenuhi hal-hal berikut ini:
  1. Follow blog ini, boleh via email atau akun blogger (tulis di komentar ya follow via apa dengan nama apa)
  2. Follow twitter @divapress01 dan @laksana_fiction, atau like FB “Penerbit DIVA Press
  3. Follow twitter @missfiore_ atau instagram @missfioree
  4. Bagikan informasi giveaway ini di media sosialmu, jangan lupa mention saya.
  5. Tinggalkan komentar di postingan ini berupa nama, domisili, akun twitter/instagram kamu, follow blog via apa, dan jawaban:
    "Kenapa kamu harus mendapatkan buku ini?"
  6. Berdomisili Indonesia dan berusia minimal 18 tahun (atau diizinkan orang tua untuk berbagi alamat dan data diri)
  7. Giveaway berlangsung selama 7 hari, dari tanggal 9-15 Juli. Pengumuman satu hari setelah periode berakhir.

UPDATE
Selamat untuk Aidha Isyatul Hikmah (@aidhaisy) yang berhak mendapatkan satu buku ini gratis! Saya akan hubungi untuk lebih lanjut. ^^

Jangan lupa untuk mengikuti blogtour buku ini juga di blog berikut ini!

9-15 Juli | bymissfiore.com
16-22 Juli | edwinfnurin1.blogspot.co.id
23-29 Juli | theboochconsultant.blogspot.co.id
30 Juli-5 Agustus | ach-bookforum.blogspot.co.id

Semoga beruntung!

Share:

15 comments

  1. Vena Dwi
    Malang
    Twitter : @venadwim
    Follow via email
    Jawaban :
    Karena saya adalah penasaran sama kisah Aldo cs. Perjuangan mereka jadi mahasiswa yang geng2an gitu. Krn saya mahasiswa juga, siapa tau saya dapat banyak ilmu dari buku ini. Sekian. Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Nama: Monica Indah
    Domisili :Bogor
    Akun:@monicaindah5
    Follow blog : via email monicaindahlarasati@gmail.com
    Pertanyaan: "kenapa kamu harus mendapatkan buku ini?"
    Jawaban: Pertama karena judulnya, status saya sebagai mahasiswa membuat saya merasa "terhubung" dgn buku ini. Kedua ketika penulis menulis kalimat "pindah dari asrama kampus ke kontrakan", saya langsung tahu dimana setting novel ini, dan ketika penulis memberi tahu nama kampusnya, saya tahu kalau saya benar. Setahu saya tidak banyak kampus yang ada asrama nya, sepengetahuan saya. Ketiga, karena permasalahan harga kontrakan yg dibahas diawal, ga kebayang harga kontrakan mahasiswa segitu karna ukt yg mahal ditambah harga kontrakan yg mahal, rasanya pengen bilang "sungguh terlalu". Maaf curcol 😂

    ReplyDelete
  3. Nama: Tari Noviana
    Alamat: Jln. Glagahsari, Gang Jeruk, UH/IV 547a, Warungboto, Umbulharjo
    Twitter: @noviana_tari
    Follow dengan akun novina08@gmail.com via email

    Jawaban: Pasti akan seru membaca kisah-kisah yang bisa saya pahami (secara saya juga seorang mahasiswa (bedanya, saya sudah didorong-dorong agar cepat-cepat lulus alias mahasiswa tingkat akhir).

    ReplyDelete
  4. Nama : Dinan Wiyantika
    Domisili : Sleman,DIY
    Akun Twitter : @dinan_wiyantika
    Follow blog melalui email : dinanwiyantika08@gmail.com

    Jawaban :
    Alasan saya ingin mendapatkan buku ini karena saya ingin bernostalgia lagi saat menjadi mahasiswa, ya karena sudah 2 tahun ini saya sudah tidak berstatus lagi sebagai mahasiswa,hehe. Apalagi dalam buku ini menceritakan tentang perjuangan Aurum cs dalam berbisnis yang hampir mirip dengan perjuanganku saat menjadi mahasiswa. Dan saya rasa buku ini sangat cocok saya baca untuk mengingat lagi masa-masa di mana saya menjadi mahasiswa. Saya juga penasaran dengan kisah-kisa perjalanan mahasiswa dalam menyelesaikan studynya yang pasti berbeda-beda dan mungkin bisa menginspirasi kita. Nah, salah satunya kisah Aurum cs ini yang sepertinya memiliki pengalaman yang sangat menarik.

    ReplyDelete
  5. Nama: Atiyah
    Domisili: Kuningan, Jawa Barat.
    Twitter: @yultiyul5
    Follow blog via email dengan nama TAtiyah49@gmail.com
    Saya harus dapat buku ini karena saya juga seorang mahasiswi yang sejujurnya tengah kepo dengan kehidupan asrama, karena bagaimanapun juga saya anak pulang-pergi yang nggak tau rasanya gimana. Dan lagi, saya juga tengah butuh motivasi dan sedang mencari jati diri. Jadi, saya harap buku ini dapat membantu.

    ReplyDelete
  6. Nama : Yones Sepriyansyah
    Domisili : Bandar Lampung
    Twitter : @yonessepriyansyah
    Follow Blog via email dengan nama yones.sepriyansyah@yahoo.com

    jujur saya adalah orang yang suka membaca. harapan saya buku ini bisa saya baca. karena saya adalah mahasiswa yang ingin menikmati dan menilai suasana di dalam cerita yang digambarkan di pada buku ini.

    ReplyDelete
  7. Nama : Fera Lestari
    Domisili : Aceh
    Twitter : @Raa_Tarri
    Follow blog via email : feralestari95@gmail.com
    Jawaban :

    "Kenapa kamu harus mendapatkan buku ini?"
    Pertama, saya adalah seorang mahasiswa yang pernah tinggal di asrama bersama teman-teman lain baik satu jurusan sampai beda fakultas.

    Kami melakukan aktifitas bersama-sama. Mulai dari mengambil mata kuliah yang sama, berada dalam kelompok belajar yang sama sampai satu kamar di asrama. Begitu juga dengan teman-teman dari fakultas lain. Kami satu kelompok dalam kelas tambahan bahasa inggris, bahasa arab, dan tahsin Alquran. Bukan hanya dalam kegiatan belajar aja kami kompak, tapi juga aktifitas yang lain seperti gotong royong, berkebun, bahkan senam pada pagi minggu. Masa-masa itu sangat cepat berlalu. Walaupun capek dan padatnya jam kuliah awal-awal semester karena kami menjalaninya bersama-sama dan saling menyemangati semuanya terasa menyenangkan.

    Sekarang kami adalah mahasiswa semester akhir dan jatah asrama kami sudah habis, digantikan oleh adik-adik leting. Ini adalah masa yang paaaling sulit sepanjang masa kuliah saya. Kami tidak lagi bersama-sama, jarang bertemu karena beda pembimbing tugas akhir, belum lagi masalah-masalah jadwal konsul, revisi, dan coret-coret dari dosen yang tidak mengatakan dimana kesalahannya. Kami berjuang sendiri-sendiri. Tidak ada canda tawa ketika pikiran pusing dan jenuh. Grup Chat pun mulai sepi karena kesibukan masing-masing kami.

    Disinilah kadang saya rindu masa-masa awal kuliah. Ketika dosen memberikan tugas bejibun tapi kami mengerjakan bersama-sama. Sekarang kalau bertemu teman pasti sebentar saja dan setelah itu kami kembali ke kesibukan kami. Makanya saya ingin mendapatkan buku Catatan Hati Seorang Mahasiswa ini dan berharap bisa mengobati kerinduan saya akan kebersamaan dan kekompakan dengan teman-teman saya pada tahun-tahun pertama kuliah.

    ReplyDelete
  8. Nama : Hamdatun Nupus
    Domisili : Depok, Jawabarat
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Follow Blog : By Email hamdatunnupus@gmail.com

    Jawaban :
    Mungkin lebih ke nostalgia sih, meski dulu cuma sempet ngekos setahun pas kuliah. Tapi pengalaman setahun itu berkesan banget sampe sekarang, aku pernah banget Ada diposisi Aurum gimana struggle nya nyari kosan yg sesuai. Sesuai budget, sesuai dgn lokasi kampus, sesuai dengan kenyamanannya, semuanya lah. Mulai dari nyari kosan petakan yg seharusnya cuma muat satu orang tapi maksa berdua biar bisa lebih ngirit sampe akhirnya nyewa rumah kontrakan untuk di isi berlima 😂. Dari yang lokasinya deket pasar yang aromanya semriwing sampe agak minggir dikit deket pemukiman & perumahan warga.

    Ngekos adalah Hal yg gak pernah kepikiran kelintas seumur hidupku. Karena Aku selalu nyari sekolah yg deket2 rumah, cuma waktu itu karena aku magang jadi asdos dikampus dimana pagi sampe petang kuliah, sore sampe malemnya ngajar keblinger juga badannya. Remuk banget sumpah!, Akhirnya langsung Cari kosan yg jaraknya gak sampe 1km dari kampus. Kosan khusus cewek yg isinya ternyata gak cuma mahasiswa, Ada karyawan supermarket deket kampus juga sama pegawai salah satu mall besar disana.

    Banyak banget pengalaman berharga saat aku mutusin utk tinggal sendiri jauh dari orangtua. Adaptasi lingkungan, adaptasi pertemanan, adaptasi kebiasaan juga. Inget gimana dulu betapa serunya pas bisa libur bareng anak2 satu kosan terus Kita masak bareng & beberes kosan bareng, nobar diruang tamu meski TV nya masih TV tabung 😂, sampe hangout ke warung steak murah meriah demi memuaskan perut dengan menu makanan yang agak ngangkat dikit 😂.

    Pertemanan kami bahkan masih terjalin sampe saat ini, meski udah Ada beberapa yang berkeluarga hingga pindah jauh dari ibukota.
    Ahh menyenangkan sekali rasanya saat itu 😊, jadi aku penasaran banget lah sama kisah Aurum di buku ini. Gak kebayang ajah sebegimananya dia Cari Cara untuk bisa dapetin uang sebanyak itu dalam waktu singkat. Aku sih gak tahu sanggup apa nggak 🙈

    ReplyDelete
  9. Nama: Aidha Isyatul Hikmah
    Domisili: Pekalongan, Jawa Tengah
    Twitter: @aidhaisy
    Mengikuti blog ini via akun google (Aidha Isyama)

    Kenapa saya harus mendapatkan buku ini? Karena saya masih seorang mahasiswa yang menurut saya butuh banyak referensi seputar kehidupan mahasiswa. Dan jika dari hasil review yang saya baca diatas juga sebenarnya hampir sama dan ada beberapa bagian yang sedang saya alami. Jadi, menurut saya buku ini wajib pula saya miliki (maksa dikit, hehe) untuk menambah wawasan saya tentang mahasiswa, organisasi, bisnis atau usaha mahasiswa dan lainnya. Yang secara garis besarnya masih saya alami. Buku ini mungkin akan jadi gambaran saya dalam melihat masalah sebagai lonjatan yang harus dihadapi untuk mendapatkan tempat yang lebih baik lagi.
    Bismillah... wish me luck

    ReplyDelete
  10. Nama: Winda Pratiwi
    Domisili: Bandung, Jawa Barat
    Akun Twitter/Instagram: win_daap/win.daap
    Follow Blog Via: Email; pratiwiwinda99@gmail.com

    “Kenapa kamu harus mendapatkan buku ini?”
    Saya harus mendapatkan buku ini untuk pegangan/gambaran bagi saya bagaimana lika-liku seorang mahasiswa. Karena insya Allah tahun depan, mungkin sebagian dari kisah Aurum cs akan terjadi pada saya. Apalagi latar tempatnya kampus IPB. Saya yakin, dengan membaca buku tersebut, bukan hanya sebatas hiburan yang saya dapatkan di sana. Tetapi, pembelajaran bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang sesungguhnya. Bukan semudah yang dibayangkan seperti di film/sinetron Indonesia. Dari review yang Kakak buat, tentang masalah konstan, organisasi mahasiswa, pengurus asrama, kakak tingkat, hingga usaha bisnis disela kesibukan kampus, membuat saya berpikir saya pasti membutuhkan buku tersebut agar ketika saya mengalami hal tersebut, saya tidak terlalu terkejut atau mudah mengeluh karena orang lain pun sama seperti apa yang aku rasakan, seperti yang Aurum cs rasakan. Semoga saya beruntung bisa membaca kisah lengkapnya. Aamiin ... 🖤

    ReplyDelete
  11. Nama : Ranny Fitriani K
    Domisili : Bogor, Jawa barat
    Akun IG. : Afreenafila
    Folow blog via email Radenranny@gmail.com (afreen Afra )

    Kenapa harus mendapatkan buku ini?

    Selama ini saya jarang ikut giveaway, karena alasannya kemungkinan kecil menang,tapi untuk give away kali ini saya harus dapat buku ini. Harus pokoknya!
    Alasannya

    1. Domisili Bogor, bahkan rumah Deket banget sama IPB, meskipun sudah bukan mahasiswa lagi, tapi rasanya ada sesuatu yang membuat saya ingin membaca buku itu dan bernostalgia lagi menjadi mahasiswa.
    2. Saya sangat penasaran tentang cerita dalam buku itu, terlebih ketika mereka harus melunasi uang kontrakan yang 20 juta, yang menurut saya wow banget. Buat kontrakan 20 juta???
    3. Ini yang paling penting, kebetulan saya ada rencana juga pengen bikin buku seperti ini, sebagai kenangan dulu pernah di asrama. Buku tentang catatan dodol anak asrama, ya..Buku tentang itu lah..Dan saya berharap buku ini bisa jadi referensi saya untuk menulis , membandingkan gaya penulisannya yang baik dan enak untuk dibaca nantinya.

    ReplyDelete
  12. Nama: Yashinta Dewi Larasati
    Domisili:Semarang, Jawa Tengah
    Akun IG & Twitter: @ya_shinta97
    Follow blog: via blogspot gmail
    Alasan mengapa saya saya harus mendapat buku ini:
    Tanggal 9 Juli lalu, saya berulang tahun yang ke-21. Entah mengapa, saya mereview ulang apa hal-hal yang sudah saya lakukan sebelumnya apakah sudah relevan dengan harapan saya di masa depan. Ternyata belum. Saya mencari lagi siapa saya dan apa yang sebenarnya saya ingin lakukan. Untuk itu, butuh motivasi dosis tinggi bagi saya untuk memulai kembali menata dan memperbaiki tujuan hidup saya. Saya mahasiswa semester 6 yang masih meraba-raba ke arah mana saya hendak melangkah. Masih membutuhkan banyak hal sebagai bahan pembelajaran. Buku ini, saya rasa bisa menjadi salah satu sumber referensi dan motivasi saya. Saya berharap, saya bisa membaca buku ini secepatnya.

    ReplyDelete
  13. nama : Rini Cipta
    domisili : Malang
    akun twitter: @rinicipta
    follow blog via email rinspiration95@gmail.com

    Tertarik banget untuk baca novel ini juga. Ya, meskipun aku bukan anak kontrakan tapi ya sama aja sih, repot juga kalau berkaitan dengan bayar membayar tempat tinggal wkwk.. masa jadi mahasiswa adalah masa-masa penuh perjuangan. Belajar jadi mandiri ngatur segalanya nggak mudah. Banyak lika-likunya. Nah, jadi penasaran dengan start up bisnis mereka, secara aku (un)official pengangguran sekarang jadi boleh tuh kepo-in mereka dulu, siapa tau terinspirasi dan makin memotivasi untuk melanjutkan perjuangan di 'kehidupan yang sebenarnya' ini hehe..
    Baca novel ini sekaligus pengin ngerasain nostalgia juga, kadang kangen masa-masa kuliah tapi ya nggak untuk diulang pastinya. Pengin tau juga, kalo cowok seribet cewek nggak sih kalau jadi mahasiswa? atau justru simpel dan mengabaikan hal-hal lain?

    ReplyDelete
  14. Wuah.. setelah baca review kaka tentang novel ini saya jadi penasaran sama cerita penuhnya.... apalagi dengan karakter aldo yang mencuri perhatian kaka...

    (User name IG: @ditaauliaswastika)

    ReplyDelete
  15. Ig: @fitfitri_r

    Pertama kali tau novel ini pas kemaren liat di ig kakak ada give away, dan akhirnya jadi tertarik. Aku langsung mikir gimana kehidupan mereka yang jadi anak kuliahan tapi ngontrak? Gimana sih kehidupan mereka yang baru aja melewati masa sekolah? Apa kuliah sama pusingnya pas waktu sekolah dulu?

    Aku anak smk dan dari keseharian ku, kayaknya kita nggak dituntut untuk kuliah, yg dipikiran kita tuh kalau nggak kuliah ya kerja.

    I just wanna know rasanya gimana, biar jadi gambaran dan pas kuliah nanti (insyaallah) nggak buta-buta amat sama kehidupannya.

    ReplyDelete