From Me to You: Empat Kisah dalam Satu Buku

Judul: From Me to You
Penulis: R.A.Y.N.
Penerbit: Grasindo
Tebal: 250 halaman
Genre: Young Adult, Romance, Antologi

From Me to You merupakaan antologi novela yang ditulis oleh empat orang. Buku ini berkisah tentang cast Renaikan, sebuah jasa yang dikelola untuk membantu menyelesaikan permasalahan asmara.

Empat kisah para cast Renaikan ini disajikan dalam format berkesambungan. Meski ditulis oleh empat orang yang berbeda, From Me to You terasa seperti empat kisah berkelanjutan yang memiliki karakter utama berbeda. Keempat kisah ini dilambangkan dengan musim, yang sama dengan latar terjadinya ksiah tersebut.

Empat Kisah

1. Winter [Secret] - Yoana Dianika

From Me to You dibuka dengan kisah dari musim dingin. Cerita pertama ditulis oleh Yoana Dianika dan dengan karakter utama Kohei Nakamura alias Kou.

Seperti musim yang menjadi latar kisah, Winter [Secert] ini punya aura yang sama dinginnya. Tentang Kou yang menemani klien Renaikan bermaa Mayumi, sekaligus seorang gadis dari masa lalunya.

Kisah pertama ini tergolong sangat berfokus pada aspek romance, yang membahas soal cinta dan pengorbanan. Selain itu, sebagai kisah pembuka, Winter [Secret] berhasil menggambarkan karakter lain yang akan muncul di cerita-cerita berikutnya dengan baik, tanpa membuat karakter Kou dan Mayumi kehilangan status sebagai sentral kisah.

Walau demikian, saya nggak terlalu suka kisah pertama karena punya plot umum di banyak shoujo manga. Meski tetap kisah ini mengandung rahasia.

2. Spring [Spalsh] - Aiu Ahra

Berbeda dengan kisah pertama, kisah kedua tentang Sei Takahasi alias Ouji ini punya aura yang lebih ringan. Persis rasanya kertika mulai memasuki musim semi yang penuh bunga-bunga.

Cerita kedua ini termasuk cerita yang saya suka karena tidak berfokus pada kisah cinta semata. Klien Sei sendiri bahkan menghubungi Renaikan bukan karena punya masalah asmara melainkan karena masalah keluarga. Benar sekali, aspek keluarga inilah yang membuat saya menyukai Spring [Splash].
"Hal yang sederhana sekalipun bisa sangat sulit kalau kau tidak berani memulai." (h. 109)
Kisah kedua ini punya porsi romance yang cenderung lebih sedikit dan mengental semakin akhir cerita. Ceritanya sendiri manis dan terasa sekali aroma musim seminya.

3. Summer [Passsion] - Nel Falisha

Kisah ketiga adalah favorit saya. Tentang Ryou Kitazawa alias Raku yang harus berhadapan dengan Minori, teman semasa sekolahnya, karena Minori memakai jasa Renaikan. Pertemuan Ryou dengan Minori bukan hanya membuatnya kembali mengingat cinta pertamanya, tetapi juga membuat Ryou harus melangkah untuk sebenar-benar mengejar impiannya.
"Ryou, passion itu bukn eicari. Kau yang memntukan apa yang ingin kau lakukan, dan kau yang berusaha untuk mempertahankan keinginan itu." (h. 159)
Kisah ketiga merupakan favorit saya karena interaksi Ryou dengan Minori ini semacam kucing-anjing yang nggak akur tapi sebenarnya mereka itu saling peduli dengan satu sama lain. Selain itu,. tentunya juga karena persoalan impian yang dibawa sebagai akar cerita dalam Summer [Passion]. Meski akhir kisah yang dipilih oleh sang penulis ini membuat nyesek (dan entahlah saya ngerasa nggak perlu juga sampai gitu :(), kisahnya ditutup dengan sangat baik.

4. Fall [Mask] - Rettania

Lalu, buku ini ditutup oleh kisah Ren, cast Renaikan yang paling baru bergabung. Ren ini harus menemani Yui, gadis yang tergolong tdiak manis. Nah, Yui yang rada kaku ini bertemu dengan Ren yang cengengesan dan berakhirlah mereka dalam kisah ala romance comedy. Yah tentu saja tapi judul "mask" yang dipilih itu nggak sekadar tempelan.

Sebagai penutup kisah, kisah keduanya ini sangat pas karena disajikan bagai makanan penutup yang manis.

Mengalir dan Padu

Sebagai sebuah kisah yang ditulis oleh empat orang, From Me to You ini sangat mengalir. Sama sekali tidak terasa bahwa setiap bagian kisah ditulis oleh orang yang berbeda.

Selain itu meski punya karakter utama yang berbeda dan ada karakter-karakter utama cerita lain di kisah yang lain, semua karakter hadir konsisten. Mereka punya kepribadian berbeda dan punya latar belakanng kisah yang berbeda. Di kisha mana pun mereka muncul, mereka berhasil sebagai karakternya.

Saya jadi penasaran bagaimana proses kreatif keempat penulis ini membuat buku ini. Apakah masing-masing menuliskan kisah? Ataukah menyusun plot utama? Apakah saling mengintervensi untuk karakter utama masing-masing penulis?

Yang jelas, From Me to You jadi sebuay contoh kisah antologi berkesinambungan yang sangat padu. Salut!

Penutup

Nah, buku ini punya gaya menulis yang ringan. Keempat penulis punya gaya yang sedikut mirip satu sama lain dan semuanya menulis dengab lugas. Meski masing-masing kisah pendek, semuanya ditulis dengan sangat baik dan punya karakter yang nggak kalau baik penggarapannya.

Kisahnya pun gado-gado sehingga buku ini cocok banget dibaca sebagai bacaan ringan kalau butuh kisah yang nggak monoton.

Selamat membaca!

Share:

0 comments