9 Free Printable Bookmark

Halo!

Siapa yang suka mengoleksi pembatas buku alias bookmark di sini? Pernah dengar istilah soal printable bookmark?

Printable bookmark itu jadi adalah pembatas buku yang kamu cetak sendiri. Kamu tinggal mengunduh desainnya lalu kamu bisa langsung mencetaknya dengan printer sendiri! Tentu juga bisa kamu bawa ke percetakan untuk hasil yang lebih bagus.

Di internet ini ada banyak printable yang tersedia, ada yang bisa kamu beli sampai bisa kamu dapatkan cuma-cuma. Yang jelas printable ini memudahkanmu kalau mau pembatas buku buatan seorang artist yang tinggal di luar negeri. Dengan membeli printable, kamu jelas bakal sangat menghemat biaya pengiriman.

Khusus buatmu, saya sudah mengumpulkan sembilan printable yang bisa kamu dapatkan dengan gratis nih. Kamu tinggal menyiapkan printer, kertas, dan gunting (atau cutter buat hasil yang lebih rapi). Usahakan pakai kertas yang tebal ya supaya pembatas bukumu kaku. Atau bisa juga dilaminasi belakangan supaya kalau nggak sengaja basah, masih tetap bagus. Bisa juga desain ini kamu bawa ke percetakan buat hasil yang jauh lebih bagus lagi. :)

Baiklah, ini dia sembilan printable bookmark gratis buatmu!

Sumber: @missfioree
Freebies karya Nandush ini adalah printable pertama saya. Saat itu, saya baru mulai menjadi bookstagram dan nggak punya koleksi pembatas buku cakep. Akhirnya saya cari-carilah di internet dan menemukan blog Nandush ini!

Dia memberikan empat desain pembatas buku dengan kutipan seputar buku atau membaca yang cocok banget buat menemani pembaca. Desainnya juga cantik dan pas kalau kamu suka tipe-tipe desain cat air.

Desain Nandush bisa kamu dapatkan di sini.

Sumber: theartsyfatsymama,com
Nah yang satu ini cocok banget buat penggemar Harry Potter! Lindsay, The Artsy-Fartsy Mama memberikan desain pembatas yang supeeeer unyu bertema Harry Potter. Ada empat desain yang bisa kamu cetak buat menemanimu membaca atau buat kamu foto-foto cantik bersama koleksi Harry Potter-mu.

Awalnya saya menemukan printable ini dari Hana. Tanpa Hana, saya nggak bakal menemukan pembatas super imut ini! Thank you, Hana!

Desain Lindsay bisa kamu unduh di sini.

Sumber: collegelifemadeeasy.com
Buat pencinta kutipan dan desain cat air, kamu wajib punya printable dari Collage Life Made Easy. Desain karya Charlie dan Jen ini punya desain yang simpel tapi cakep banget. Cocoklah buat menandai progress membacamu.

Desain Charlie dan Jen bisa diunduh di sini.

Sumber: ourhandcraftedlife.com
Yang satu ini jelas cocok banget buat penggemar Star Wars. Megan dalam Our Handcrafted Life memberikan lima desain printable Star Wars gratis yang imut! Pembatas buku desain Megan ini punya warna pastel yang lembut dan karakter chibi yang lucu banget.

Desain Megan bisa kamu unduh di sini.

Sumber: bydawnnicole.com
Saya belum lama ini menemukan desain Dawn, tapi sejak melihatnya saya sudah naksir! Dawn membuat tiga desain gratis pembatas buku yang bisa kamu warnai sendiri! Betapa asiknya, kan?

Coloring Page Bookmark ini sangatlah pas buat kamu yang suka mewarnai atau ingin mengasah kreatifitas mewarnaimu. Belum lagi berarti desain Dawn ini bisa kamu cetak di printer sendiri tanpa khawatir kehabisan tinta!

Desain pembatas buku mewarnai Dawn bisa kamu unduh di sini.

Sumber: theartsyfatsymama.com
Kali ini dari Lindasy, The Artsy-Fatsy Mama lagi nih! Lindasy mendesain pembatas buku yang terinspirasi dari buku anak populer karangan Roald Dahl. Totalnya ada sepuluh desain lho. Lima desain terinspirasi dari buku Matilda, sedang sisanya dari buku Roald Dahl yang lainnya.

Desain Lindasy bisa kamu unduh di sini.

Sumber: bloominghomestead.com
Marie di Blooming Homestead memberikan lima desain pembatas buku gratis buatmu! Desain buatan Marie ini sederhana tapi manis. Cocok buat penyuka motif floral lho karena Marie mendesain printable-nya dengan motif floral.

Desain Reading Bookmarks Marie bisa diundh di sini.

Sumber: oneshetwoshe.com
Empat desain pembatas buku Sharon dari Lemon Squeeze ini dibuat untuk Or So She Says. Keempat desain ini punya tone warna serupa, gradasi oranye-coklat-hijau-abu. Desain Sharon sendiri saya suka secara pribadi. Makanya nggak heran kalau desain ini langsung saya cetak begitu punya, hihi. Cakep bangetlah buat di foto-foto desain ini.

Desain Sharon bisa kamu unduh di sini. 

Sumber: told.byputy.com
Desain terakhir ini bikinin ilustrasi lokal lho! Mbak Puty! Siapa yang nggak kenal sama ilustrator/blogger satu ini? Ilustrasinya imut banget dan salah satu ilustrator lokal favorit saya!

Mbak Puty menyediakan enam desain pembatas buku imut yang bisa kamu cetak untuk menemanimu membaca. Selain itu, enam desain ini juga hadir dalam bentuk wallpaper yang pas untuk ponselmu lho. Mbak Puty juga bikin free printable lain lho di tahun 2017. Bisa dibongkar ya di blognya. Nggak bakal nyesel deh pokoknya karena desainnya begitu menggemaskan.

Desain Read A Chapter Instead Bookmarks bisa diunduh di sini.

Gimana? Apakah kamu suka sembilan printable pilihan saya?

Oh ya, saya berencana membuat printable bookmark  juga nih. Jadi semoga rubrik baru "Freebies" ini bukan hanya berisi printable yang saya suka (dan harap kamu juga suka dan punya) karya orang lain. Tungguin, ya! :D


Share:

6 comments

  1. Kak, kalo mau cetak bookmark itu bagusnya pake kertas apa ya? Aku udah ngumpulin printable bookmark tapi bingung mau di print pake kertas apa :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bagus, bawa ke percetakan dan cetak di kertas art paper yang paling nggak di atas 260gsm. Boleh dilaminasi ataupun nggak. :D

      Tapi kalau mau cetak di rumah, bisa cetak di kertas tipis biasa/hvs aja. Setting printer jadi nest quality terus dilaminasi sendiri deh. Jadinya kaku dan lebih awet kalo dilaminasi meski kertasnya biasa aja.

      Delete
    2. Waaah. Thankyou, Kak. Dapet pencerahan wkwk

      Delete
    3. Sama-sama! Good luck ya sama printable-nya! :D

      Delete
  2. Suka..suka..suka.. (‘▽’ʃƪ) ♥

    Sudah ku abadikan di linknya di https://irabooklover.wordpress.com/2018/04/03/link-of-the-week-19-free-printable-bookmark-dan-aplikasi-perpustakaan-digital/ biar tidak lupa, haha

    Oh jadi nama kertas yang sering dijadiin bookmark itu art paper ya? Terima kasih infonya ya Wardah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww thank you kak! Senangnya kalau bermanfaat :D

      Iya kak, tapi sebenarnya ada banyak jenis sih. Cuma yang kertas bagus buat cetak tuh biasanya art paper, karena dia tebal dan juga mulus.

      Delete