Hijabed Woman's Creativity: Para Muslimah Pekerja Kreatif

Judul: Hijabed Woman's Creativity
Penulis: Syarifah Tika Irmasari dan Riza Sativianti
Penerbit: Metagraf
Tebal: 
"Kita patut beruntung, kini banyak sekali komunitas bagus yang kemungkinan kita untuk berkembang bersama." (h. 47)
Hijabed Woman's Creativity ini berisi kisah dua muslimah yang berkarir di bidang kreatif. Keduanya membuktikan identitas sebagai muslimah tidak membuat cita-cita mereka kandas. Syarifah Tika Irmasari dan Riza Sativianti adalah dua dari sekian banyak bukti muslimah sukses. Kisah keduanya berisi motivasi yang layak sekali untuk dibaca.

Kisah kedua penulis dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah kisah Syarifah Tika Irmasari tentang perjalanannya menjadi Desainer dan Ilustrator. Sedangkan bagian kedua adalah kisah Riza Sativianti menjadi Desainer Produk dan Craftypreneur.

Bagian Pertama; Menjadi Desainer dan Ilustrator
Tidak ada yang instan di dunia ini. (h. 8)
Perjalanan penulis menjadi ilustrator dan desainer tentu tidak dimulai dari ujung-ujung jago. Penulis mengisahkan bagaimana awal-awal karirnya. Termasuk asal kenapa penulis mulai menggeluti dunia ilustrasi dan masa lalu ketika tidak ada dukungan orang tua. Selain itu, penulis juga bercerita tentang masalah awal job yang tidak mencukup untuk kebutuhan hidup sampai ketika akhirnya pesanan mulai datang dan karirnya menjadi stabil.

Selain kisah hidup, juga ada tips dan trik bagaimana penulis bisa terus berkontribusi sebagai muslimah di bidang kreatif. Membaca kisah penulis membuat saya ingin juga menjadi seperti beliau. Mengukir karya sebagai muslimah. Identitas muslimah tidak menghalangi penulis untuk terus berkarya.

Di bagian satu ini juga ada tips manajemen waktu, sampai manajemen stres yg kerap dilakukan penulis untuk bisa menyeimbangkan ritme hidup sebagai wanita karir di dunia kreatif sekaligus ibu rumah tangga. Isinya padat dan menyeluruh.

Di samping itu, penulis juga mengisahkan usaha sampingannya di luar bidang desain dan ilustarasi. Mulai dari craft sampai kuliner. Sangat menginspirasi ya. 😍

Kisah hidup penulis bisa membuatmu meyakini bahwa ada yang menantimu di akhir perjuangan ini.
If you feel like giving up, just look back on how far you are already. (h. 35)
Bagian Dua; Tentang Desainer Produk dan Craftypreneur.

Seperti bagian pertama, bagian kedua ini pun mengisahkan bahwa identias sebagai muslim, juga ibu rumah tangga, tidak membuat penulis berhenti menjalani passion-nya. Penulis mengisahkan dari awal bagaimana kerajinan (craft) membuat penulis memulai karir di biang ini. Semuanya tentu dimulai dari nol. Penulis memulai karirnya dengan menjajakan dari mulut ke mulut barang yang diambil dari orang lain, sampai akhirnya bsia menjual hasil karya sendiri.
Yakinkah bahwa semua cerita sukses berbicara tentang analisa mendalam, karya cerdas, repitisi doa, keyakinan yang melangit, jiwa yang enggan menyerah, dan hati yang lapang akan segala ketentuan-Nya. (h.18)
Penulis pun menceritakan tentang pentingnya menjalin komunikasi dengan orang lain, mulai dari teman-teman lama sampai teman-teman baru yang dikenal lewat jejaring dunia maya. Satu lagi yang kerap diingatkan penulis adalah betapa besar pentingnya kepercayaan pada diri dan pada-Nya dalam mencapai titik saat ini. Penulis juga menekankan pembaca agar tidak lelah belajar sesuatu yang baru lewat berbagai workshop dan komunitas yang sekarang semakin mudah ditemukan.

Selain itu, penulis juga memberikan kiat sukses untuk berbisnis. Satu yang paling membekas bagi saya adalah: Nikmati setiap prosesnya. Bagaimana pun, kita harus senantiasa bersyukur dan percaya bahwa suatu hari semua kerja keras akan terbayar. Sungguh sangat menginspirasi.

Senang sekali membaca kisah penulis yang ternyata salah satu orang dibalik Hijabographic. 💙

Penutup

Kedua kisah penulis dalam buku ini jelas sangat menginspirasi, terlebih bagi muslimah yang masih tidak yakin untuk terjun di dunia kreatif.

Selain motivasi, buku ini juga penuh dengan tips berkarir sampai trik memulai berusaha di bidang kreatif. Bahkan dilengkapi kiat manajemen diri dan manajemen stres, sampai kiat ala penulis menjadi sukses.

Meski demikian, bukunya tergolong tipis dan disajikan dalam layout yang enak dibaca. Alhasil buku motivasi ini sangat padat dengan ilmu!

Selamat membaca!

Share:

4 comments

  1. Sepakat!!, bahwa hijab tak lagi menjadi penghalang bagi semua wanita yang ada di dunia untuk tetap aktif & produktif. Apapun passion kita, kejar!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget kak! Semangat terus ya! :D

      Delete
  2. Setelah baca ini aku jadi termotivasi buat ngejar passionku. Udh hampir sebulan gk nyentuh laptop kesayangan gara2 ide stak di tempat. Syediiihhh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaa semangat kak! semoga lekas berhenti slump dan dilancarkan selalu yaa :D

      Delete