[Tips] Bookstagram: Akun Foto Buku yang Instragrammable

Halo!

Jadi, tulisan ini sudah direncanakan sejak lama. Terlebih buat yang mengikuti instagram saya, @missfioree. Sejak dulu saya memang ingin menuliskan tips tentang bookstagram. Akhirnya tulisan ini mulai terbit juga.

Ups, sebelumnya, mari kita mengenal bookstagram lebih dekat dulu. :)

Jadi, sejak beberapa tahun belakangan ini ada semakin banyak media sosial yang aktif digunakan orang-orang. Nah, instragram salah satunya. Siapa sih yang nggak punya instagram zaman sekarang? Instagram ini jelas digunakan untuk beragam hal. Namun, tahukah kamu kalau instgram pun digunakan pembaca buku?

Yup. Selayaknya blogger yang ada food blog, travel blog, sampai book blog. Instagram juga seperti itu. Dan akun-akun ini, yang mengunggah seputar buku di setiap fotonya, disebut dengan bookstagram.

Bookstagram ini sudah lebih dulu populer di luar negeri dan belakangan semakin populer dengan pembaca dalam negeri. Berhubung instagram pun semakin sering digunakan pembaca dan penulis untuk promosi buku dan karya baru, tentu saja semakin lama semakin banyak pembaca buku yang menjadikan instagram sebagai sarana memotret buku, menuliskan review buku, mempromosikan buku favorit, sampai berkreasi dengan buku.

Mengenal Bookstagram Indonesia

Nah, apakah selama menggunakan instagram ini kamu pernah menemui satu-dua akun boostagram Indonesia nggak?

Jangan salah, ada banyak boostagram lokal yang feed-nya nggak kalah keren dari bookstagram luar negeri lho. Nah, sebagai perkenalan, saya bakal memperkenalkan beberapa akun yang membuat saya menyeriusi dunia bookstagram ini.

1. @person2805

Saya mengenal Kak Aya dengan foto-foto buku outdoor-nya yang super cantik. Pertama kali melihat akunnya, saya bahkan ragu jika bookstagrammer satu ini berasal dari Indonesia. Namun setelah mulai mengenal dan mengobrol, ternyata Kak Aya memang berasal dari Indonesia.

Satu ciri khas yang bikin saya naksir sama foto-fotonya adalah foto outdoor. Foto-foto outdoor Kak Aya ini terasa seperti bukan di dunia ini gitu. Cakep banget. Selalu suka sama cara Kak Aya mengubah pemandangan gitu-gitu aja jadi luar biasa.

2. @blackbookspage

Bookstagrammer satu ini belum lama saya kenal, yah sekitar setengah tahun, kayaknya ya? Foto Kak Cikita bernuansa gelap, hitam, seperti nama akunnya. Namun, hal itulah yang membuat saya naksir berat sama feed-nya.

Rasanya elegan banget karena temanya yang gelap. Lihat aja sendiri kalau nggak percaya deh. Kak Cikita ini salah satu bookstagrammer yang sangat baik dan membuat saya percaya diri sama foto-foto saya yang gitu-gitu aja. Senang banget kenal Kak Cikita. :")

3. @feanoreads

Nabila adalah salah satu bookstagrammer berbakat yang saya kenal. Foto-foto Nabila punya tema cokelat gelap, tapi semuanya sangat magical. Kalau foto Kak Aya magical karena latarnya, foto Nabila terasa magical karena skill edit fotonya. Luar biasa banget! Pengen berguru sama Nabila buat edit foto rasanya >_<

Nabila ini orang paling baik dan ramah yang saya kenal di dunia boosstagrammer. Berkat komentar dan DM-DM bersama Nabila, saya jadi semakin menikmati dunia ini. Terima kasih banyak, Nabila! :")

4. @miieru

Maggie adalah salah satu bookstagrammer yang membuat saya serius menjadi boostagrammer. Jadi, Kak Aya dan Maggie pernah mengadakan tantangan di bulan Februari 2017 silam dan tantangan itu jugalah yang membuat saya termotivasi foto-foto cantik seperti mereka.

Maggie sendiri selain jadi bookstagrammer juga jadi booktube lho. Bisa intip profilnya di sini.

5. @annienamiez

Kalau kakak yang satu ini tuh saya kagumi karena foto paduan buku dan alamnya yang sederhana. Nggak banyak macam-macam tapi cakep banget. Lebih lagi ternyata setelah tahu tinggalnya di Jogja. Huhu, naksir banget sama foto kabut dan foto sawahnya (yang entah kenapa cakep).

6. @madhatterisreading


DUH BISA-BISANYA LUPA SAMA AKUN SATU INI. T_T

Oke, jadi Maria adalah salah satu bookstagrammer yang membuat saya lebih sosial, lebih aktif, dan lebih percaya diri untuk menjalin pertemanan dengan sesama tukang foto buku di instagram. Maria juga bookstagrammer pertama yang saya temui di dunia nyata dan meski pertemuan kami hanya sebentar, saya senang sekali bertemu dengannya.

Maria ini salah satu manusia paling ramah yang saya kenal di sana. Meski sekarang dia sibuk dan (entah kenapa juga) buku yang kami baca nggak sama jadi makin jarang ngobrol, dia tetap salah satu teman terbaik yang saya temui di komunitas ini. Selain itu, foto-fotonya juga penuh inspirasi lho. ;)

Jadi Instagrammable

Melihat, profil mereka yang cakep-cakep, pernahkah kamu penasaran bagaimana caranya mereka melakukan hal itu? Saya sering. Sering banget.

Di awal-awal masa saya memulai jadi bookstagrammer, saya sendiri tidak merasa cukup layak memanggil akun saya akun bookstagram. Bisa dibilang foto-foto awal saya itu B aja. Nah, begitu mengenal semakin banyak bookstagram, saya semakin banyak juga belajar. Lima akun yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari akun bookstagram yang membuat foto-foto buku saya jadi lebih instagrammable.

Ini jugalah awal mula saya menuliskan tentang bookstagram di blog. :)

Sebenarnya apa sih yang harus dimiliki untuk bisa membuat foto-foto buku yang instagrammable? Jawabannya sederhana: kamera dan buku. Tanpa kamera, tentu saja kamu nggak bisa mengambil foto. Dan tanpa buku (atau yah bookish stuff) rasanya fotomu nggak bisa juga disebut bookstagram, kan?
"Tapi saya nggak punya kamera bagus?"
Terus? Apakah itu menjadi hambatan? Saya sendiri selalu foto pakai kamera HP lho. Dan kalau kamu mau tahu, Nabila pun foto hanya pakai HP (asajdgdhfakjsalksdhsajs inilah kenapa saya bilang dia super berbakat! Gila keren banget emang editannya ya!). Alat nggak boleh menghalangi potensimu mengambil foto buku yang instagrammable.:)

Pertama yakin dulu kalau kamu mau dan kamu bakal bisa. Tentunya melakukan hal ini membutuhkan waktu dan keseriusan. Nggak ada foto asal jadi yang instagrammable. Jadi, kalau kamu mau tips dan trik (ala saya) untuk membuat foto bookstagram, ikutin terus artikel saya di sini ya. Karena selepas artikel pembuka ini, saya bakal bercerita lebih banyak soal tips membuat foto buku jadi instagrammable. ;)


Share:

20 comments

  1. kk Wardaaaah fav aku,
    aku sebenarnya kepo, cara kak Wardan buat foto bisa cakep gitu...
    udah pernah share belum sih kak, all about foto ala wardah gitu, bisa pernak pernik foto, cara editnya ( ini ngerampok ceritanya ya kak, minta rahasia dapur orang lain)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha ini mau berbagi nih. Tungguin ya artikel di rubrik Bookstagram di blog. ;)

      Delete
  2. Aku suka lihat yang bookstagram. Dan NGGAK pernah berhasil membuat foto seperti itu. Emang nggak bakat sih.
    Salut sama mereka yang bisa membuat foto-foto cakep seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ikutin terus Mbak artikel di rubrik Bookstagram ya, insyaallah aku bakal share tips dan serba-serbinya :D

      Siapa tahu habis itu jadi mau coba sendiri foto-foto bagus gitu.

      Delete
  3. Lihat-lihat foto-fotonya para Bookstagrammer itu bikin kepuasan tersendiri. Susunan bukunya yang rapi dan teratur serta komposisinya yang seimbang di dalam foto. Kadang-kadang coba-coba bikin kayak gitu, tapi hasilnya biasa banget, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semua mulai dari "biasa banget" kak. Ayo terus foto-foto dan coba-coba macam-macam. Semangat ya!

      Delete
  4. Aku langsung stalk mereka masa 😂
    Dan aku masih minus banget soal proporsi sama sudut 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo terus belajar kak! Semakin sering belajar dan foto-foto nanti semakin paham. Atau ya belajar teknik fotografi beneran hehe.

      Delete
  5. Aku bikin akun bookstagram juga tapi ngga pede sama hasil yang uda jadi, rasanya beda banget sama punya account2 yang lain, juga rasanya foto aku kayak gitu2 aja tapi itu juga namanya proses belajar, mungkin nanti aku juga bisa menemukan style sendiri buat foto2 aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Semua juga mulai dari "gitu-gitu" aja kok hehe. Semangat terus ya!

      Delete
  6. Wahh aku udh follow banyak akun bookstagrammer ini tapi gk sangka kalau mereka semua itu orang indo. Foto"nya bagus semuaaa. Terima kasih untuk motivasinya! Ntar coba edit" lagi ahh biar foto"nya bisa sebagus se bookstagrammer keren indo ini >~<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)

      Iya ayo semangat terus ya coba-coba fotonya!

      Delete
  7. Duh.. Liat foto2 buku yang cantik cantik gitu bikin mupeng.. Apalagi yang ditata di rak buku.. Btw jadi tau bookstagrammer mana aja yg foto-fotonya instagrammable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya foto rak buku itu sangat menggoda ya >_<

      Delete
  8. Kak mau tanya dong gimana si buat foto2 buku kita biar khas? Ya biar orang orang tuh inget "oh ini tuh fotonya dia banget ." ya jadi punya ciri khas sendiri dalam fotonya gt kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bikin sesuatu yang khas di fotomu :)

      Coba lihat yang kamu bilang fotonya khas itu. Yang khas apa. Lihat banyak akun lain juga. Terus ya bikin sesuatu yang original cuma punyamu. Gitu kayaknya kurang lebih hehe.

      Saya juga masih terus belajar dan memperbaiki diri supaya makin khas.

      Good luck ya!

      Delete
  9. Serius deh akun-akun yang Kakak sebutin di atas emang foto-fotnya cantik parah, aku aja sukak banget sama foto-foto mereka XD beberapa juga aku udah follow sejak lama karena cinta banget sama fotonya :')

    ReplyDelete
  10. hana juga suka sama semua yg disini :D foto mereka bagus2 :D

    ReplyDelete
  11. Liat foto-foto bookstragramer indo bikin ngiri beneran ��. Cantik dan punya ciri khas sendiri. Jadi semangat pengen belajar jadi bookstragram hehehe.



    IG : Indach rahma

    ReplyDelete