Boss & Me; Kelakuan Ajaib Bos Shan Shan (+BLOGTOUR)


Judul: Boss & Me
Penulis: Gu Man
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal: 434 halaman

Suatu hari, ketika sedang tidur, Shan Shan mendapat panggilan untuk segera ke rumah sakit. Masih sambil mengantuk, Shan Shan datang memenuhi panggilan itu. Ternyata, Shan Shan diminta mendonorkan darah untuk seorang ibu yang baru melahirkan.

Ternyata ibu itu adalah adik Feng Teng, bos tempat Shan Shan bekerja. Dan sejak saat itu, Feng Teng mengantarkan bekal makan siang tumis hati babi untuk Shan Shan setiap hari. Shan Shan sampai bosan makan tumis hati babi, tapi apakah Shan Shan bisa menolak bosnya?

Apa nasib Shan Shan setelah ini?
Kelakuan Ajaib Bos Shan Shan

Ya, Boss & Me bisa disimpulkan dengan satu kalimat itu: kelakuan ajaib bos Shan Shan.

Jadi, sejak mendonorkan darah untuk sang adik Bos, hidup Shan Shan mulai berubah. Pada awalnya, semua rekan kerja menjaga jarak dengan Shan Shan. Atasannya bahkan sering mencari-cari kesalahan Shan Shan. Hal ini karena Shan Shan mendadak mendapatkan perhatian dari sang bos, Feng Teng.

Setiap hari, Shan Shan dikirimin bekal makan siang oleh Feng Teng. Dan ketika Shan Shan akhirnya memberanikan diri untuk menolak pemberian Feng Teng, dia malah diminta setiap istirahat makan siang ke ruangan CEO dan makan bersama Feng Teng.

Sepanjang membaca Boss & Me, saya selalu nggak habis pikir dengan kelakuan Feng Teng. Saya makin nggak habis pikir ketika membaca respon Shan Shan terhadap semua sikap Feng Teng. Shan Shan merasa Feng Teng sengaja menggemukannya agar bisa selalu diambil darahnya. Dan ketika Feng Teng justru menyuruhnya setiap hari ke ruangan CEO, Shan Shan hanya bisa mengiyakan. Itu baru awal hubungan ajaib keduanya tercipta.

Shan Shan jelas bukan karyawan tingkat tinggi. Dia bahkan belum menjadi karyawan tetap. Tapi sejak selalu bersama Feng Teng setiap istirahat, nama Shan Shan terdengar di mana-mana.

Bagi pegawai kantor, kedekatan Shan Shan dan Feng Teng adalah gosip romantis. Tapi Shan Shan merasa semua sikap Feng Teng itu justru mengintimidasiya, menyulitkannya. Shan Shan tentu saja tidak melewatkan makan siang yang romantis bersama Feng Teng. Shan Shan justru harus menuruti atasannya ini-itu. Shan Shan sampai stress dan terbawa mimpi. Dia bahkan memimpikan Feng  Teng menjelma jadi monster harimau dalam game online yang sering dimainkannya. Hahaha.
"Presiden Direktur...."
"Hm?"
"Apakah mati kekenyangab termasuk kecelakaan kerja?" (h. 47)
Romance Comedy

Boss & Me merupakan sebuah roman komedi. Ada Feng Teng, sang CEO yang tampan, kaya raya, yah intinya sempurna. Lalu ada Shan Shan, pegawai biasa dengan tampang biasa saja, besar di keluarga biasa dan kelewat polos. Paduan kedua orang ini menjadikan kisah yang luar biasa kocak.

Kedua latar belakang ini khas sekali sama drama-drama dan novel roman setipe, tapi Boss & Me menyajikan sesuatu yang segar. Dalam novel ini, tidak ada gejolak mengerikan di keluarga Feng Teng karena lelaki itu mendekati Shan Shan, seseorang yang hidup di kasta yang jauh berbeda dengan mereka. Feng Teng adalah pemegang kekuasaan tertinggi di keluarganya, jadi tidak ada konflik-penuh-konspirasi yang terlalu sering ada dalam sinetron.

Selain itu, karakter Shan Shan sendiri terasa segar. Dia memang polos, tapi tepatnya adalah dia lemot. Dia seringkali terlalu terlambat menyadari bahwa Feng Teng sudah menyuruhnya ini atau itu. Shan Shan inilah yang membuat novel ini menjadi penuh komedi. Selain itu, sepanjang membaca, saya sangat ingin menggetok kepala Feng Teng karena sikapnya.

Meski demikian, Boss & Me menyajikan kisah roman yang dalam. Meski Feng Teng senang bersikap ajaib kepada Shan Shan, ketika gadis itu membutuhkan, Feng Teng tetap hadir bagaikan pangeran berkuda putih. Feng Teng tahu bahwa cinta bukan berbentuk materi semata.
Di dunia ini, segala urusan akan mudah jika menggunakan uang. Namun untuk memenangkan hati seseorang, uang sama sekali tidak berguna. (h. 233)
Penutup

Ini kali pertama saya membaca M-novel Haru dan sangat puas dengan buku ini. Nggak begitu ringan, tapi berhasil mengundang tawa sepanjang cerita. Terlebih, lengkap dengan hal-hal yang romantis banget.
"Jika kau ada, semuanya akan terasa lengkap. Jika kau tidak ada, untuk apa harta yang menggunung itu?" (h. 319)
Sayangnya, saya sedikit kecewa karena novel ini tidak mendapatkan label dewasa. Memang adegan dalam novel ini tidak eksplisit, tapi saya tetap merasa bahwa novel ini butuh peringatan. Latar budaya cerita Feng Teng dan Shan Shan sendiri sangatlah berbeda dengan negeri ini, oleh sebab itu, akan lebih baik jika novel ini diberikan label yang sesuai dengan isinya.

Selain itu, saya sangat puas dengan novel ini. Lebih lagi, saya SUKA bagaimana penulis memberikan cerita-cerita pendek di akhir buku. Asyik banget karena pembaca diberikan lebih banyak kesempatan untuk mengkhayalkan kehidupan Feng Teng dan Shan Shan setelah kata "tamat" tercantum.



GIVEAWAY


Nah, sebelum mengakhiri tulisan ini, saya mau memberi tahu hal-hal seputar giveaway yang bakal dilakukan Penerbit Haru di akhir blogtour.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu:
  1. Follow twitter @missfiore_ atau instagram @missfioree (tidak wajib)
  2. Follow fanpage Penerbit Haru dan twitter atau instagram @penerbitharu (wajib)
  3. Ikuti ketentuan Penerbit Haru nantinya di akhir sesi.
  4. Ingat-ingat pertanyaan di blog saya ini:
    "Menjelma apakah Feng Teng di mimpi Shan Shan?"
Semoga sukses!

Share:

9 comments

  1. Dhea Oktavina Noviyanti28/11/17 03:55

    Maaf kak, pertanyaannya mana yah?

    ReplyDelete
  2. pertanyaan giveawaynya apa ya mbak? :D

    ReplyDelete
  3. Kok saya jadi keingetan My Name is Kim Sam Soon, novel Haru yang udah lama banget terbitnya.

    ReplyDelete
  4. Wah iyakah? Kebetulan saya belum baca buku itu nih 😊

    ReplyDelete
  5. Sudah ditambahkan di akhir kak

    ReplyDelete
  6. Mungkin kesamaannya cuma cowoknya populer, ceweknya biasa aja. Terus ceritanya juga lucu. 😆

    ReplyDelete
  7. […] Asian Literature: I Want to Eat Your Pancreas – Sumino Yoru. Flat Shoes Oppa – Citra Novy. Boss & Me – Gu Man […]

    ReplyDelete
  8. Huaaa novelnya udah masuk wishlist aku lama banget...tapi belum bisa untuk dipeluk dalam waktu dekat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga berjodoh segera ya sama buku ini kak :D

      Delete